Cara kerja mesin pendingin

Assalamualaikum rekan, kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang cara kerja mesin pendingin seperti : Kulkas, Ac dll. memang tidak banyak yang akan saya bagikan, bukan karena saya pelit ilmu atau tidak mau bergai, akan tetapi saya pun masih terus belajar, dan yang saya bagikan sebatas pengetahuan saya belajar.

baiklah kita langsung saja ke topik,
sistem pendingin/sistem mesin pendingin itu terdiri dari 4 komponen utama terdiri dari :
1. Kompresor
2. Evaporator
3. Pipa kapiler/Expansi
4. Kondensor


secara fungsi dan cara kerja akan saya uraikan dari 4 komponen utama tersebut

* Fungsi Kompesor, Adalah untuk mensirkulasikan Refrigrant (freon) dari evaporator ke kondensor dan pipa kepiler, sehingga refrigrant bersirkulasi terus menerus,  kompresor ini mempunyai 2 pipa utama yaitu Pipa Suction (Hisap) dan Pipa Discart (tekan) dimana refrigrant masuk terhisap dari Suction dan di keluarkan/ditekan keluar melalui pipa discart

* Fungsi Evaporator, Adalah untuk menyerap kalor panas ruangan yang menjadi object pendinginan, penyerapan panas ini melalui media refrigrant yang di sirkulasikan oleh kompresor. saat refrigrant berada di evap akan berbentuk spray untuk mempercepat proses evaporasi, dan

* Fungsi Kondensor, Adalah media untuk pembuangan panas hasil penyerapan kalor panas dari evaporator.

* Pipa Kapiler/Expansi, Sebagai pengubah tekanan, dari tekanan tinggi di kondensor menjadi tekanan rendah di evaporator, pipa kapiler ini mempunyai ukuran diameter yang lebih kecil, dan ini berfungsi sebagai peroses spray ketika keluar di evaporator dan mempercepat proses evaporasi/penguapan yang terjadi di evaporator.



Tidak ada komentar:

SERVICE AC CIMAHI

Service Ac Cimahi, perkenalkan kami adalah penyedia layanan  jasa Service Ac dan pasang ac di kota cimahi, HG teknik, bergerak di bidang ...